Investasi dan ciri-cirinya.

Investasi…., kata yang membuat kita berpikir. Apa an sich tu investasi ?, apakah menabung atau berdagang itu disebut investasi. Supaya nggak bingung coba kenali ciri-ciri investasi berikut ini .

1. Investasi harus menghasilkan jumlah yang lebih besar.

Jelas dong…, kalo mau investasi harus menghasilkan jumlah yang bertambah banyak, tapi investasi juga bisa tidak dapat menghasilkan alias gagal.

2. Investasi mensyaratkan modal awal.

Jangan percaya “investasi” yang mensyaratkan modal dengkul, karena investasi itu pada hakikatnya memutar modal.>

3. Investasi itu menuntut keahlian atau menghasilkan kemahiran.

Sedikitnya seorang investor pasti memiliki keahlian/pengetahuan dibidangnya, sehingga mereka berpikir investasi yang dijalankan kemungkinan berhasil. Misal untuk investasi reksadana, pasti akan cari tahu dulu apa itu reksadana, baru berinvestasikan ?. Bisa juga berinvestasi dengan mengikuti sekolah atau kursus dengan harapan yang menghasilkan suatu kemahiran/pengalaman.

4. Investasi selalu masuk akal.

Investasi itu sebuah skenario yang masuk akal, memasukan dana ke ember dan berharap besok berlipat ganda jelas bukan investasi, karena caranya tidak masuk akal. Jangan pula berharap semua investasi dapat menghasilkan jumlah berkali-kali lipat dalam waktu singkat, walaupun ada tawaran demikian, itu adalah investasi yang tidak wajar. cermati, dan analisa sebelum berinvestasi. Berpenganglah pada hal-hal yang wajar saja.

5. Investasi mengandung kepastian berhasil diatas 50%.

Nah…ini penting disampaikan, supaya kita tidak menyamakan investasi dengan judi, sebab judi hanya memiliki ciri-ciri menang/kalah 50%-50%, sedangkan investasi harus dapat menjanjikan kepastian kemungkinan beruntung lebih dari 50%. Misalkan…, kita ingin membeli sebidang tanah, maka kita harus harus yakin nilai tanah itu  pasti meningkat. Bila dikemudian hari nilai tanah itu merosot dikarenakan menjadi daerah rawan banjir atau disekitarnya berkembang menjadi daerah rawan kriminal, ini disebut resiko berinvestasi.

6. Investasi tidak dapat diketahui hasilnya terlebih dahulu.

Investasi selalu mengandung resiko. Hasil yang 100% past,i tidak dapat disamakan dengan investasi. Kepada mereka yang takut menanggung resiko sebaiknya disarankan menabung dibank saja. Resikonya hampir nihil, kecuali kalau banknya bangkrut.

7. Investasi tidak melanggar etika atau hukum.

Misalkan, menanam ganja atau mendirikan pabrik obat-obatan psikotropika adalah melanggar hukum. Itu bukan investasi tapi kriminal.

8. Investasi di sebut juga memutar “uang dingin”.

Investasi menggunakan uang yang mengendap dalam kurun waktu tertentu untuk menghasilkan nilai tambah. Jangan berinvestasi dengan uang dapur. 

9. Investasi berjumlah relatif besar.

Umumnya suatu investasi bernilai cukup besar. misalkan, memelihara ayam 1-5 ekor itu adalah hobby, tapi kalau sudah 1000 ekor, itu baru namanya investasi…, karena bisa diambil telur atau dagingnya untuk dijual.

10. Investasi merupakan fungsi waktu.

Banyak orang lupa kalau investasi itu memerlukan waktu. Hampir tidak ada investasi nilainya naik dalam waktu semalam, kecuali menang judi😀 . Investasi yang bagus adalah yang berkembang dalam waktu relatif singkat dan aman seiring dengan berlalunya waktu.

Resiko investasi hendaknya dapat dikelola atau dihindari. Sehingga seorang investor harus senantiasa bersikap optimis. Pelajari bisnis / cara kerjanya sebelum berinvestasi.

OK…sudah taukan ciri-cirinya, hayo…kenali, dalami dan mulailah berinvestasi.

One Response to Investasi dan ciri-cirinya.

  1. kamaludin mengatakan:

    trimksih info ini sngt bermnfaat sekli bwt yg ingin berinvestsi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: